cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN)
ISSN : 24600741     EISSN : 25489364     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) merupakan peer reviewed journal di bidang informatika. Jurnal ini diterbitkan 3 bulan dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2" : 4 Documents clear
Rancang Bangun Alat Ukur Suhu, Kelembaban, dan pH pada Tanah Berbasis Mikrokontroler ATMega328P Jupri, Achmad; Muid, Abdul; Muliadi, -
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1232.361 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.21210

Abstract

Pada penelitian ini telah dibuat sebuah alat untuk mengukur pH, suhu, dan kelembaban pada tanah berbasis mikrokontroler ATMega 328P. Pengukuran kelembaban tanah menggunakan sensor soil mouisture, Pengukuran pH tanah menggunakan elektroda dan pengukuran suhu tanah menggunakan sensor DS18B20. Mikrokontroler ATMega328P digunakan sebagaipengendali dan pemroses sinyal. Alat ini dilengkapi dengan sistem penyimpan data  menggunakan SD Card sehingga mudah untuk pengambilan data hasil pengukuran.Tahapan penelitian meliputi proses perancangan, pembuatan dan pengujian alat.Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja alat ini mampu mengukur pH, kelembaban dan suhu tanah dengan errorberturut-turut sebesar 2,68%, 1,53% dan 0,22%
Prototipe Sistem Seleksi Penerimaan Pegawai Tugas Belajar Yanuarti, Elly
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1298.135 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22093

Abstract

Peningkatan kemampuan dan profesionalisme PNS di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilakukan melalui pendidikan berkelanjutan dalam bentuk pemberian tugas belajar. Kegiatan penyeleksian pegawai tugas belajar pada Badan Kepegawaian Daerah masih dilakukan secara manual, dimana teknologi informasi belum dimanfaatan secara optimal. Untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut maka diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat melakukan pengolahan data seleksi penerimaan pegawai tugas  belajar secara lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam menganalisis dan merancang sistem adalah dengan metode analisis dan perancangan berorientasi objek menggunakan UML. Dengan adanya sistem informasi seleksi penerimaan pegawai tugas belajar maka pengolahan data serta penyajian informasi tentang seleksi penerimaan pegawai tugas belajar menjadi lebih cepat
Perancangan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 Menggunakan Model Tiwana dan Zack Mutia, Intan; Herlinda, -; Atikah, -
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.915 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22686

Abstract

Penelitian ini secara jangka panjang bertujuan memberikan kontribusi untuk memperkaya penerapan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Secara akademis dapat membantu untuk : 1) Menjadi pusat pengelolaan pengetahuan bagi lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), 2) Sistem dapat dijadikan sarana untuk menampung/menyimpan, mendiskusikan, memanfaatkan pengetahuan sesuai regulasi institusi, 3) mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sistem informasi pada manajemen pengetahuan, demi efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar dengan kurikulum 2013 di lingkungan internal Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), 4) Membantu memudahkan guru mencari informasi, terutama mengenai ilmu pengetahuan berkenaan dengan mata pelajaran yang diampunya. Lokasi penelitian di Jakarta Selatan dengan subjek penelitian adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 34 Pondok Labu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan kerangka kerja model Amrit Tiwana dan pemetaan pengetahuan menggunakan siklus KM model Zack. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Dalam upaya memperoleh data penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan atau absah, maka tahap analisis dan desain penelitian dengan pendekatan berorientasi objek dengan UML, sedangkan desain sistem meliputi perancangan database, arsitektur sistem dan antar muka KMS., Hasil penelitian ini berupa perancangan KMS berkualitas baik dengan fitur utama: input data guru, mata pelajaran, forum diskusi, memuat dan mengunduh berkas, dan pencarian berkas sesuai kurikulum 2013.
Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah Sukamto, -; Elfizar, -; Asriyani, -
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No 2
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1803.32 KB) | DOI: 10.26418/jp.v3i2.22069

Abstract

Penelitian ini membahas tentang media pembelajaran Bahasa Arab, yaitu alat untuk menyampaikan materi yang digunakan untuk membantu pengajar atau guru dalam menyampaikan sebuah pembelajaran, juga salah satu alternatif untuk mempermudah siswa khususnya siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam mempelajari Bahasa Arab.  Pembuatan media pembelajaran Bahasa Arab ini menggunakan Adobe Flash CS4 Proffesional, sedangkan dalam perancangannya menggunakan Storyboard, Struktur Navigasi, dan Flowchart.Hasil pengujian terhadap media pembelajaran ini secara keseluruhan adalah sebanyak 33%  menyatakan Sangat Baik, 29% menyatakan Baik, dan 8% menyatakan Kurang Baik. Ini menunjukkan bahwa lebih dari 60% responden menyatakan media pembelajaran ini sudah berjalan dengan baik. Sedangkan pengujian terhadap tampilan media pembelajaran dapat menarik minat belajar adalah sebanyak 60% menyatakan Sangat Baik, 30% menyatakan Baik, dan 10% menyatakan Kurang Baik. Hal ini menunjukkan bahwa 90% media pembelajaran ini dapat menarik minat belajar. 

Page 1 of 1 | Total Record : 4